Minggu, 06 Januari 2013

Teknik perbanyakan tanaman dengan cangkok batang

  Untuk teknik yang satu ini memang sudah sangat populer dan tidak asing lagi, banyak yang sudah tahu, banyak yang mempraktekkannya, tapi mungkin gak ada salahnya bila saya ( endrick ) menuliskannya lagi di sini, barangkali ada yang kurang tahu atau belum pernah mempraktekkannya, atau sekedar buat pengingat-ingat saja bagi yang sudah tahu.
   sekilas tentang cangkok, kurang lebihnya adalah perlakuan kita terhadap batang/cabang tanaman terpilih dengan mengupas kulitnya pada ukuran tertentu, menutupnya dengan media tanam, dan membungkusnya dengan plastik atau sabut kelapa sebagai penahan media, agar bagian yang terkupas akan tumbuh akar dalam waktu tertentu sehingga kita bisa memotongnya untuk dijadikan sebagai bibit tanaman baru.




   oke, simak langkah-langkah berikut :

> Pemilihan cabang tanaman

   percabangan dan struktur ranting yang proporsional, sehat, dan tua, bisa menjadi pilihan untuk kita cangkok, kita bisa memilihnya dengan diameter batang -/+ 2cm, atau lebih, saya sendiri kurang bisa memberikan patokan untuk ukuran diameter, karna berdasarkan pengalaman pribadi, saat mencangkok batang tanaman mangga dengan diameter cabang -/+ 5cm pun alhamdulillah tetap bisa keluar akar.

>  Pengupasan kulit batang

   ambillah ukuran sekitar 5-6 cm panjang kupasan pada daerah pangkal cabang terpilih, atau sedikit lebih maju dan tidak terlalu mepet pada pangkal, untuk memudahkan pengerjaan kita.kupas seluruh kulit pada ukuran tersebut sampai bersih, gunakan alat kupas atay pisau yang seteril, dan biarkan kambium mengering dengan membiarkannya kurang lebih seharian, atau bila kita mengupas pada pagi hari, biarkanlah hingga sore hari atau sebaliknya.


>Menyiapkan media tanam pembungkus




   Media yang bagus tentu lebih baik daripada sekedar kita mengambil tanah asal-asalan saja, campuran tanah+kompos+pupuk kandang, bisa menjadi pilihan bagus, kondisikan dalam keadaan lembab saja, tidak terlalu kering, tidak pula basah.

> Pembalutan dengan media tanam




   bagian batang yang sudah kita kupas, apabila telah siap, ada baiknya kita gunakan Zat perangsang akar dengan mengoleskannya merata pada bagian yang terkupas dengan ketebalan media tanam sekitar 2cm, bungkuslah media tanam dengan plastik atau sabut kelapa, ikatlah dengan rapi, dan jangan lupa buatlah lubang-lubang drainase bila kita membungkusnya dengan pembumbungkus berbahan plastik, hal itu bermanfaat juga untuk memudahkan kita dalam penyiraman.

> Perawatan

   Untuk penyiraman, kita bisa memperlakukan sebagaimana tanaman biasa, bila musim kemarau, usahakanlah jangan sampai media terlalu kering, sedangkan pada musim penghujan, kita bisa memanfaatkan lubang-lubang drainase yang kita buat pada pembungkus dan pourousnya media untuk mengatasi limpahan air yang masuk ke media.
   tunggulah beberapa minggu dan lakukan perawatan hingga kita menjumpai perubahan pertumbuhan pada cangkokan yang kita buat, yaitu nampak munculnya akar-akar baru yang kita tunggu-tunggu.
> Pemotongan batang
   Pemotongan dilakukan bila benar-benar sudah muncul akar-akar baru, setelah cukup yakin, siapkan media tanam dalam polybag ukuran 25-30cm , pemotongan batang dilakukan dengan hati-hati untuk menjaga jangan sampai terputus karna getaran pelakuan kita, jangan pula sampai rusak.
   begitu pula pada saat kita membuka pembungkus media, usahakan media pembungkus cangkokan tetap menempel dan menyaru dengan akar-akar baru, jangan sampai pecah atau buyar, hal ini untuk menjaga akar-akar baru agar tidak rusak.
   Segeralah menanamkannya pada media tanam yan sudah kita siapkan dalam polybag, benamkanlah akar-akar baru dengan media yang masih menempel pada media tanam baru dalam polybag, biarkanlah menyatu, kemudian tempatkanlah tanaman pada tempat yang teduh dalam jangka waktu -/+ 10hari hingga perakaran tumbuh menyatu dengan media tanam baru, dan tanaman benar-benar siap mendapatkan sinar matahari penuh.
   Demikianlah teknik sederhana perbanyakan tanaman dengan cangkok, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar